Aksi Pembobol ATM DI Garut Terekam Kamera CCTV

Pelaku pembobolan ATM milik salah seorang nasabah Bank BRI terekam Closed Circuit Television (CCTV) di sebuah ATM Rumah Sakit Guntur, Jalan Bratayudha, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Dalam rekaman Kamera CCTV tersebut terlihat pelaku berjumlah dua orang. Kasus pembobolan ATM ini masih dalam penyelidikan polisi," kata Kanit Reskrim, Polsek Garut Kota, Aiptu Gusrandi.

Modus yang dilakukan pelaku dengan cara mengganti stiker tulisan "call center" bank BRI dengan nomor kontak telepon milik pelaku.

Selanjutnya seorang pelaku lain memasang sebuah alat pada lubang kartu ATM agar saat nasabah melakukan transaksi kartu ATM-nya tidak bisa keluar.

Kemudian sekitar pukul 7.30 WIB, datang korban Suwarno (34) warga Kampung Ciceuni, Desa Mekarsari, Kecamatan Cilawu, Garut untuk mengambil uang dari ATM tersebut.
Namun usai mengambil uang, kartu ATM korban tidak bisa keluar, kemudian menghubungi nomor "call center" palsu.

"Korban spontan menghubungi nomor telepon yang ditempel pelaku, dan pelaku melalui telepon minta nomor PIN sebagai syarat agar kartu ATM bisa keluar, korban pun memberitahunya," kata Gusrandi.
Usai menghubungi nomor telepon palsu itu, korban keluar dari ruangan ATM untuk melaporkan keluhannya kepada petugas di kantor Bank BRI terdekat.

Namun ketika korban kembali, kartu ATM-nya sudah tidak ada, bahkan saldo ATM milik korban sudah raib diambil pelaku.

"Saat korban kembali, kartu ATM-nya sudah tidak ada, korban lalu lapor ke bank untuk memeriksa uagnya, ternyata uang sebesar Rp4 juta sudah raib," katanya.

Sementara itu, polisi mengimbau warga yang melakukan pengambilan uang di ATM untuk meningkatkan kewaspadaannya dengan tidak memberikan nomor PIN ATM kepada siapapun.

NB : Satu alasan kuat mengapa kamera CCTV diperlukan yaitu untuk sarana pengamanan, Kamera CCTV tidak dapat mencegah kejahatan namun dari hasil rekaman Kamera CCTV kita dapat mengetahui modus suatu kejahatan dan dapat mengantisipasinya di lain waktu. Channel CCTV memberikan kemudahan kepada anda untuk memiliki perangkat kamera CCTV dengan Paket CCTV Murah atau Paket CCTV Custom.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/1924827/aksi-pembobol-atm-terekam-cctv-di-garut

0 komentar

Posting Komentar