Inovasi Terbaru Kecanggihan Perangkat Kamera CCTV

Pemerintah Inggris berencana menerapkan sistem pengawasan baru menggunakan kamera CCTV super canggih. Kamera CCTV generasi baru ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dari jarak satu kilometer.

Seorang komisioner lembaga pengawasan Inggris, Andrew Rennison, mengatakan, kamera CCTV tersebut akan disebar di semua kota dan ditempatkan di fasilitas-fasilitas publik. Kamera CCTV dengan resolusi 16 megapixel itu tersambung langsung ke pusat data untuk mempermudah pencarian buronan dan sebagainya.

Ruang Closed Circuit Television (CCTV)
Ruang Closed Circuit Television (CCTV) di Stadion Hutnik, Krakow, Polandia, yang dipilih sebagai tempat latihan timnas Inggris di Piala Eropa 2012.
"Kamera CCTV itu mampu mengidentifikasi wajah orang dari jarak lebih dari setengah mil. Gambar dari kamera CCTV tersebut dapat dicocokkan dengan database orang-orang yang diinginkan," kata dia seperti dilansir Press TV, Kamis (4/10).

Namun kebijakan itu mendapat tentangan dari sejumlah kalangan karena dianggap melanggar hak privasi publik. Terkait hal ini, Rennison pihaknya berencana menggelar konsultasi publik sebelum memasukkannya dalam pembahasan bersama parlemen.

"Kami sadar jika teknologi ini tidak diregulasi secara tepat, maka akan menimbulkan reaksi publik yang negatif," ujarnya.

Kamera CCTV Ini Bisa Deteksi Rencana Jahat

Kejahatan tidak pernah diprediksi sebelum kejahatan itu terjadi. Jarang sekali polisi bisa memprediksi di mana kejahatan akan terjadi. Namun di masa depan, kemungkinan polisi bisa memonitor calon-calon tindak kejahatan, seperti di film Tom Cruise, Minority Report.

Militer AS tengah mendanai sebuah penelitian perangkat lunak yang mampu membaca pikiran setiap orang di jalanan. Perangkat lunak ini terhubung pada kamera pengintai Closed Circuit Television (CCTV) untuk melihat dan memprediksi apa yang akan dilakukan setiap orang sekitar.

Ilmuwan di Carnegie Mellon University Pittsburgh, Pennsylvania, telah mempresentasikan sebuah makalah yang menunjukkan bagaimana aktivitas 'meramal melalui Closed Circuit Television (CCTV) ini bekerja.

Studi yang didanai U.S. Army Research Laboratory ini berfokus pada deteksi otomatis terhadap perilaku yang anomali dan mengancam. Perangkat lunak yang dinamai Mind's Eye ini menggunakan infrastruktur tingkat tinggi yang disebut dengan 'mesin kognitif'.

Sinyal juga akan menangkap berbagai sikap mencurigakan yang dilakukan setiap orang. Sinyal menangkap tingakan seperti berlari, menangkap, membawa, mengikuti, berlari, dan lain-lain. Rencananya perangkat Closed Circuit Television (CCTV) ini akan dipasang di stasiun, bandara, terminal serta di militer.

Jadi untuk penjahat dan calon penjahat, mulai hari ini harus berhati-hati dengan niat dan tindakan. Kalau tidak, bui menanti.

Satu alasan kuat mengapa kamera CCTV diperlukan yaitu untuk sarana pengamanan, Kamera CCTV tidak dapat mencegah kejahatan namun dari hasil rekaman Kamera CCTV kita dapat mengetahui modus suatu kejahatan dan dapat mengantisipasinya di lain waktu. Channel CCTV memberikan kemudahan kepada anda untuk memiliki perangkat kamera CCTV dengan Paket CCTV Murah atau Paket CCTV Custom.

 Sumber : http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/11/27/me4heq-cctv-ini-bisa-deteksi-rencana-jahat

0 komentar

Posting Komentar